Pelangi di Hatiku

Membersihkan Sensor Kamera DSLR

Posted on: 11 Oktober, 2009

Kebiasaan mengganti lensa di luar ruangan pada kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) bisa mengakibatkan partikel debu masuk dan menempel pada sensor kamera yang pada akhirnya bisa mempengaruhi hasil foto. Biasanya kalau sudah begitu, kita akan menyerahkan pembersihan sensor kamera tsb ke pihak service centre.

Kalau garansinya masih berlaku sih nggak masalah, tapi kalau sudah nggak berlaku, Anda harus rela merogoh kocek kurang lebih Rp.100 – 200rb. Nah, berikut ini ada tips untuk membersihkan sendiri kamera DSLR Anda yang saya rangkum dari beberapa tulisan di forum fotografer.net dan sudah saya praktekkan pada Nikon D40, D60, D70, D70s dan D200 saya. Langkah pertama pastikan dulu apakah memang sensor Anda yg kotor, caranya setting kamera pada: 1. iso 100/200 2. Bukaan diafragma paling sempit 3. Focus manual 4. Titik focus terserah 5. Speed menyesuaikan Fotokan kamera ke layar monitor yg sudah di set BG putih (buka new file di ps dengan ukuran 800×600 pixel kemudian zoom 100% lalu tekan tab). Hasilnya buka di ps lalu tekan ctrl+l, klik autolevel.

Setelah ketahuan sensor Anda emang kotor, langkah kedua 1. Buka lensa dr body 2. Cari di menu Mirror lock-up lalu start. (pada Nikon D40 Anda bisa pencet tombol menu, lalu pilih icon yg gambar “kunci pas” (di atasnya retouch menu) cari di bagian bawah ada menu mirror lock up. Kalau nggak ada menu mirror lock up berarti menu mirror lock up tdk ditampilkan waktu ngeset “CSM/Setup menu/my menu”. Masuk dulu ke “CSM/Setup menu” pilih “full” trus keluar, cari menu mirror lock up yg di “Setup menu” (bukan yg di dlm CSM/Setup menu), lalu di ON, kemudian akan muncul tulisan “when the shutter button is pressed, the mirror lifts…….” baru pencet shutter buttonnya) 3. Cermin akan terbuka jika shutter ditekan . 4. lalu bersihkan pakai blower…posisi blower agak jauh, jgn sampai menyentuh sensor…jgn lupa body menghadap ke bawah. (pastikan pipa blower Anda terpasang rapat, kalau perlu diselotip aja) 5. Setelah yakin bersih…Off-kan kamera…cermin akan menutup lagi 6. Pasang lensa…lalu lakukan tes seperti langkah pertama.

forum fotografer.net (D.Z. Sjechlad – cek sensor sendiri, Kirman Mustafa – bersihin sensor dan Tommi Gusnadi – buka mirror lock up)

About these ads

6 Tanggapan to "Membersihkan Sensor Kamera DSLR"

saya sudah mencoba membersihkan cermin yang ada pada camera Nikon D40 saya, namun di monito masih tetap terlihat ada bintik hitam pada monitor dan pada kualitas foto pada saat di cetak. pada saat membersihkan cermin tersebut apakah kita bisa menggunakan kapas atau kain lembut atau tisyyu lensa untuk mengangkat noda di cermin. trimss

biar tidak mengambil resiko, ada baiknya kita ke tempat servis camera. Setahu saya di Oktagon ada jasa pembersihan sensor…mending kluar duit ratusan ribu dari pada cermin kita tergores. ^^

Cermin sy kotor.. mana d daerah sy gk ad t4 bersihin cerminnya lg.. pengen bersihin sendiri gk brani.. Ehehe

Kok pada komen ttg cermin?
ni kan tentang cara bersiin sensornya? bukan cerminnya…

Woowww. Ajaib.
Setelah membaca resep ini, saya langsung terapkan. Tadinya hasil jepret Nikon D40X milik saya terdapat bintik hitam. Tapi sekarang Alhamdulillah sudah beres. Tengkyu Gan.
Salam
Tabri

bisa menggunakan pembersih yang banyak yg di jual2x di toko kamera mas, atau mau lebih aman dan optimal mending ke JPC Kemang atau oktagon, mereka ada servis pembersih sensor, kalo ngg salah kena biaya Rp 100.000an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Twitter

Oktober 2009
S S R K J S M
« Sep   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Chat Yuuks…

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Arsip

Blog Stats

  • 26,138 hits

Galeri Photoku

Shoot!

upload

More Photos
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: