Pelangi di Hatiku

Agar Keberkahan Tidak Dicabut Allah…

Posted on: 6 Juli, 2009

Menjalani hidup yang penuh dnegn aonak dan duri ini…memang tidak mudah…banyak yang sudah merasa baik, namun seketika jatuh tak berdaya. ada yang diangkat Allah dari kehinaan dan menjadi mulia, tapi disaat yang lain bisa jatuh kembali….begitu lah Allah memberi petunjuk dan cahaya pada orang orang yang di kehendaki Nya.a..dan mencabut Berkah dan nikmatnya dari orang yang di kehendakinya pula…

ada sebuah formula yang bisa kita gunakan untuk menjaga diri kita kehancuran setelah Allah memberi nikmat dan berkah pada kita.

TAQWA.

Ya TAQWA…dengan segala makna yang terkandung di dalamnya….
seorang sahabat nabi mengatakan bahwa yang namanya takwa itu ibarat, orang yang bejalan diantara duri duri yang bertebaran diatas jalan. maka dia akan sangat hati hati menlalui jalan tersebut.

tapi ada sebuah penjelasan yang lain dan menarik juga untuk kita kaji tentang kata TAQWA ini…

jika kita coba urai huruf perhuruf dari kata TAQWA dalam tulisan arab maka kita akan menemukan merangkai menjadi kata TAQWA tersebut adalah huruf TA, Qoff, Wawu dan Yaa..dan masing masing huruf tersebut membawa arti sendiri sendiri…

“TA”
memiliki makna Tawadhu, artinya seseorang yang bertaqwa itu adalah orang orang memiliki ciri tawadhu (rendah hati) maka dengan menjadi orang orang yang rendah hati sesungguhnya seseorang telah menunjukan bahwa dirinya tunduk kepada Allah…dengan menghargai orang lain, berempati, dan tidak merasa lebih baik dari yang lain…sehinga orang orang dengan ciri tawadhu ini adalah orang orang yang memiliki kesholehan sosial yang tinggi.

“Qoff”
Qoona’ah yang memiliki makna merasa cukup dengan apa yang ada termasuk salah satu ciri dari pribadi taqwa karena rasa bersyukur itu juga akan sering hadir ketika pribadi pribadi itu memiliki kebiasaan untuk senantiasa qonaah, kadang kadang sebagai manusia sebagian besar tidak pernah merasa puas dengan dunia. seperti meminum air laut saja, semakin diminum maka akan membuat kita semakin haus. begitu lah dunia yang selalu memanjakan dan juga memberbudak hawa nafsu terhadap keindahan dan kenikmatan semua dunia yang fana ini. maka hendaknya kita senantiasa merasa cukup dengan apa yang Allah berikan hari ini….dan mulai mensyukuri detil detilnya, insyallah sebagaimana janji Allah dalam surat ibrahim, bahwa Allah akan melipat gandakan nikmatnya yang berkah kepada orang orang yang senantiasa bersyukur. dan di ayat yang sama Allah juga memberikan peringatan kepada kita agar tidak mengingkari semua nikmat yang Allah berikan, karena Firman Allah barang siapa yang tidak bersyukr maka ketahuilah, sesunggunnya Azab Allah sangat pedih.

“Wawu”
mewakili kata wara’ yang kita kenal juga dengan istulah berhati hati, dalam hal ini yang dimaksud dengan hati hati adalah , hendaknya kita sebagai seorang yang beriman kepada Allah dan hari akhir menjaga diri kita dari hal hal yang subhad atau yang tidak jelas halal/haramnya. sering kali orang orang sholeh mengatakan jagalah diri kita dari sesuatu yang subhad bukan yang haram. karena kalau kita sudah berhati hati pada yang subhad saya insyallah yang haram juga semakin jauh dari hidup kita.

yang terakhir adalah huruf “Yaa”
Yaa adalah Yakin , hendaknya dalam menjalani kehidupan ini kita benar benar yakin bahwa dalam melalui perjalanan ini sesungguhnya kita selalu dalam pengawasa dan penjagaan dari Allah. jadi jika kita selalu menyadari dan yaakin bahwa Allah dan para Malaikatnya selalu mejaga kita…maka kita tidak akan pernah cemas dalam melalui semua cobaan dan keadaan dalam hidup ini….

dengan memastikan semua ciri diatas ada pada diri kita insyallah berkah dari Allah akan senantiasa berlimpah pada diri dan keluarga kita…dan insyallah Kenikmatan yang telah diberikan Allah akan senantiasa abadi sampai hari Akhir….

———————————–

Sumber:
http://www.banglubis.co.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Twitter

Like Pelangidihatiku

Juli 2009
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Chat Yuuks…

Klik tertinggi

  • Tak ada

Arsip

Blog Stats

  • 36,093 hits

Galeri Photoku

Shoot!

upload

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: